layanan publik / SERTIFIKASI DAN REGISTRASI
SERTIFIKASI DAN REGISTRASI
Registrasi PSAT
Registrasi Rumah Kemas
SERTIFIKASI PANGAN SEGAR

Sertifikasi sistem jaminan mutu dan kemanan pangan adalah pemberian sertifikat kepada pelaku usaha/petani/kelompok tani sebagai bukti pengakuan bahwa pelaku usaha/petani /kelompok tani tersebut telah memenuhi  persyaratan dalam menerapkan sistem jaminan mutu dan keamanan pangan secara konsisten yang dikeluarkan Kementerian Pertanian

Registrasi atau Pendaftaran Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) adalah pendaftaran pangan yang berasal dari tumbuhan dan belum mengalami pengolahan serta dapat dikonsumsi langsung dan/atau menjadi  bahan baku pengolahan pangan

Tujuan :

  •     Memberikan jaminan mutu dan keamanan pangan
  •     Memberikan jaminan dan perlindungan masyarakat / konsumen
  •     Mempermudah penelusuran kembali dari kemungkin penyimpangan mutu dan keamanan  produk
  •     Meningkatkan nilai tambah dan daya saing produk

Setiap orang yang memproduksi pangan untuk diperdagangkan  dituntut pertanggungjawabannya menyelenggarakan sistem  jaminan mutu sesuai dengan jenis pangan yang diproduksi.

Kebijakan tersebut tertuang  dalam Peraturan Menteri Pertanian Nomor 51/Permentan /OT.140/10/2008 tertanggal 21 Oktober 2008 tentang Syarat Dan Tatacara Pendaftaran Pangan Segar Asal Tumbuhan. Pendaftaran pangan segar asal tumbuhan ditujukan utamanya pada produk berikut : beras tampa klaim; biji-bijian; sayuran segar/beku; buah-buahan segar dan kentang segar/beku.

Permohonan Pendafataran ditujukan kepada Otoritas Kompeten Keamanan Pangan (OKKP). OKKP direncanakan ada di setiap Daerah/propinsi. Alamat  OKKP Daerah  dapat dilihat di  http://standardisasipphp.blogspot.com sedangkan persyaratan permohonan dapat diunggah  di http://pustaka.agribisnis.web.id  dengan judul Syarat dan tatacara Pendaftaran Pangan Segar Asal Tumbuhan

Untuk Produk Luar Registrasi diajukan kepada  (PPI) yang kemudian diteruskan Ke OKKP, Apabila OKKP  Daerah belum terbentuk maka pendaftaran dapat ditujukan kepada OKKP Pusat di Direktorat Mutu dan Standardisasi - Direktorat Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian, dengan alamat :

OTORITAS KOMPETEN KEAMANAN PANGAN PUSAT
Direktorat Mutu dan Standardisasi
Ditjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian
Kementeriann  Pertanian
Jl. Harsono RM No. 3 Ragunan-Jakarta Selatan 12550
Gedung D Lantai 2  Telpon : +62-021-78839746


Rumah pengemasan (Packing House) adalah suatu bangunan tempat menangani kegiatan penanganan pasca panen hasil hortikultura sejak dipanen sampai pengemasan dan siap didistribusikan ke pasar tujuan. Pendaftaran Rumah Pengemasan (Packing House) bertujuan Memberikan acuan bagi pemangku kepentingan di bidang pertanian untuk menjamin konsistensi mutu produk pertanian dari hulu hingga hilir dalam rangka meningkatkan daya saing.

Permohonan pendaftaran rumah pengemasan (Packing House) diajukan secara tertulis oleh pelaku usaha/eksportir pangan segar hasil pertanian kepada Ketua Otoritas Kompeten Keamanan Pangan (OKKP) Pusat dengan alamat :

OTORITAS KOMPETEN KEAMANAN PUSAT
Direktorat Mutu dan Standardisasi
Ditjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian
Kementerian  Pertanian
Jl. Harsono RM No. 3 Ragunan-Jakarta Selatan 12550
Gedung D Lantai 2  Telpon : +62-021-7815881, 78839746

 

Sertifikasi pangan segar merupakan penilaian  kesesuaian  produk pangan segar dengan standar  mutu dan keamanan pangan

Pelaku usaha/petani/ Kelompok tani/ Gapoktan yang ingin  mendapatkan sertifikasi, dapat mengajukan permohonan sertifikasi kepada Otoritas Kompeten Keamanan Pangan  (OKKP) Pusat atau Daerah (http://standardisasipphp.blogspot.com)

Pelaku usaha/ Petani/Kelompok tani/Gapoktan yang akan disertifikasi terlebih dahulu, kebunnya  telah di registrasi oleh Dinas Pertanian Provinsi

1.  Permohonan Sertifikasi Prima 1
Acuan  yang dipakai adalah Good Agriculture Practices (GAP) sayur/buah/kebun yang dikeluarkan oleh Kementerian Pertanian RI. 

Peringkat penilaiannya : menghasilkan produk yang aman di konsumsi, bermutu baik serta cara produksinya ramah  terhadap lingkungan. Pelaku usaha yang telah di sertifikasi memperoleh hak untuk mencantumkan logo Prima  1 pada produknya

2.  Permohonan Sertifikasi  Prima  2
Acuan yang dipakai  adalah Good Agriculture Practices (GAP) sayur/buah /kebun yang dikeluarkan oleh Kementerian Pertanian RI.

Peringkat penilaiannya : menghasilkan produk yang aman di konsumsi dan bermutu baik Pelaku usaha yang telah di sertifikasi memperoleh hak  untuk mencantumkan logo Prima 2 pada produknya

3.  Permohonan Sertifikasi  Prima 3
Acuan yang dipakai adalah Good Agriculture Practices (GAP) sayur / buah/kebun yang dikeluarkan oleh Kementerian Pertanian RI.

Peringkat penilaiannya : menghasilkan produk yang aman  di konsumsi.

Pelaku usaha yang telah di sertifikasi memperoleh hak  untuk mencantumkan logo prima 3 pada produknya

 

LOGO SERTIFIKASI PRIMA-1, 2 DAN 3