layanan publik / INFORMASI PASAR (SMS GATEWAY)
INFORMASI PASAR (SMS GATEWAY)

Sejarah Pengembangan PIP

Sistem Informasi Pemasaran yang cepat, tepat, akurat, lengkap kontinyu dan terkini merupakan instrumen yang vital serta memegang peranan yang amat penitng bagi pelaku usaha agribisnis untuk membuat suatu keputusan dalam usaha agribisnisnya, supaya mempeorleh hasil yang optimal.

Tingginya kebutuhan dan tuntutan akan informasi pemasaran pertanian yang meliputi kontinuitas harga, jumlah produksi, jumlah permintaan, produktivias serta kualitas produk oleh pelaku agribsnis mulai dari tingkat petani sampai konsumen menuntut pemerintah pusat dan daerah bekerja keras untuk membangun sistem/jaringan informasi pasar melalui Pelayanan Informasi Pasar (PIP) yang memadai yang menghubungkan sus sistem supply dan demand.

Kegiatan Pelayanan Informasi Pasar secara umum telah dilaksanakan sejak awal tahun 1970 (sistem mingguan), yang pada saat itu dikoordinir oleh masing-masing Direktorat Bina Usaha Tani, disetiap Direktorat Jenderal Departeme Pertanian. Dalam kegiatan ini, data harga dikumpulkan dan dikirimkan ke Pusat Data secara mingguan melalui surat/pos.

Pada tahun 1979 Direktorat Jenderal Tanaman Pangan mulai melaksanakan PIP ssistem harian yang mencakup sebaian besar komoditas tanaman pangan dan hortikultura. Pada tahun 1999 kegiatan ini sudah tealokasi di 27 Propinsi, tetapi dengan terjadinya reorganisasi di tingkat Departemen Pertanian, pada tahun 2000 kegiatan PIP dditingkat pusat tidak dapat terlaksana secara optimal, meskipun pelaksanaan di daerah masih tetap berjalan.

Pada tahun 2001 – 2005, kegiatan PIP ditingkat pusat dikoordinir oleh Subdit Pemasaran Domestik, yang berada pada Direktorat Jenderal Bina Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian. Seiring perubahan organisasi di lingkup Kementerian Pertanian, maka sejak bulan November 2005 sampa dengan saat ini kegiatan PIP dikooordinir oleh Sub Direktorat Informasi Pasar, Direktorat Pemasaran Domestik, Direktorat Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian (Ditjen PPHP).

 

Cakupan Komoditas dan Lokasi

Komoditas yang ditangani dalam pelayanan Informasi Pasar pada Ditjen PPHP meliputi Komoditas Tanaman Pangan (Padi dan alawija), Hortikultura (Sayuran, buah-buahan, tanaman hias dan biofarmaka), perkebunan dan peternakan. Adapun perkembangan komoditas yang dialokasikan sejak tahun 2006 sampai dengan saat ini adalah sebagai berikut :

TAHUN UNIT LAYANAN/LOKASI JUMLAH KOMODITAS
2006 - 2008 105 27
2009 150 60
2010 200 73
2011 374 93
2012 463 93
2013 600 93
2014 700 130

 

Mekanisme Pengiriman Data

Mekanisme pengiriman dara dan informasi dilakukan melalui SMS yang dikirimkan secara realtime oleh petugas PIP dilapangan ke Pusat Data Informasi Pemasaran dan ditayangkan langsung pada website Pelayanan Informasi Pasar dengan alamat http://pip.kementan.org dan diolah smelalui sistem yang selanjutnya dapat dilihat pada website Ditjen PPHP dengan alamat http://pphp.deptan.go.id pada kategori menu layanan Informasi Pasar. Adapun diagram alir proses pengiriman data informasi adalah sebagai berikut :